Melalui IbW, Dosen Universitas Mercu Buana Yogyakarta Lakukan Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Borobudur

Magelang (18/8), Berbagai permasalahan yang terjadi ditingkat masyarakat terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa Wanurejo, kecamatan Borobudur, telah direspon oleh dosen-dosen Universitas Mercu Buana melalui program Ipteks bagi Wilayah (IbW) yang didanai oleh Litabmas Dirjen Dikti tahun 2011.

Program IbW ini merupakan program pendampingan yang bersinergi dengan program pembangunan daerah yang didanai APBD Kabupaten Magelang. Menurut Ketua tim IbW Ir Setyo utomo MP mengatakan, “Program IbW di desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang ini bertujuan mendukung program desa wisata Wanurejo, serta untuk memberdayakan masyarakat dalam menggali potensi dan kearifan lokal sehingga akan tercipta peningkatan ekonomi. Program IbW tahun 2011 ini   memasuki tahun ke-2 dari tiga tahun yang direncanakan. Kegiatan IbW meliputi kegiatan bidang pengembangan industri rumah tangga, makanan tradisional yang diawali dari pengembangan motivasi, pelatihan, pendampingan usaha, pemasaran hingga perolehan sertifikat pangan industri rumah tangga (P-IRT)”, katanya.

Selain kegiatan tersebut, tim IbW juga melakukan pendampingan dikelompok usaha kerajinan bambu “Seribu Wulung” yang merupakan diversivikasi dari ukir ke anyaman fungsional, bidang pertanian meliputi pendampingan peningkatan aktifitas Gapoktan, demplot hijauan makanan ternak (HMT) pakan Gajah dan pembuatan pupuk organic dari kotoran Gajah, pembuatan racun nabati untuk mengendalikan hama kupu putih yang menyerang tanaman papaya, serta pengendalian penyakit pathek pada tanaman cabai. (gandung)

 

VISI MISI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

VISI “Menjadi Universitas Unggul, Mutu, dan Bermanfaat bertaraf Internasional pada tahun 2029” MISI Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam

Life as a Distance Learning Student

Effective Time Management Traditionally, most people find the norm in education to involve lectures in physical classrooms.  Tutor-student interaction is perceived as being only physical.