LPPM UMB Yogya Selenggarakan Penulisan Proposal Pengabdian

Web pelatihan Penyusunan proposal pengabdian 2013

Yogyakarta (7/11), Pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya (ipteks-b) di perguruan tinggi dilaksanakan melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Secara umum tujuan dan sasaran kegiatan penelitian di perguruan tinggi antara lain melalui: Penelitian untuk pengembangan institusi, yang dilaksanakan melalui latihan penelitian bagi dosen perguruan tinggi, pengayaan bahan pengajaran bagi proses pembelajaran mahasiswa, dan pengembangan suasana ilmiah/budaya akademik. Penelitian inovasi dan pengembangan ipteks, yang dilaksanakan melalui penelitian bagi dosen perguruan tinggi, baik yang bercorak fundamental maupun yang terapan, dan penelitian terobosan/paten. Penelitian untuk memecahkan permasalahan nasional maupun daerah yang dilaksanakan melalui kerja sama perguruan tinggi dengan berbagai instansi pemerintah, swasta, dan industri, demikian dikatakan Rawana dan Sumartono narasumber pelatihan penulisan proposal pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta minggu lalu.

 

Menurut Dr Ir Ch Wariyah MP, ketua LPPM Mercu Buana Yogyakarta mengatakan, “      Tujuan penyelenggaraan bantuan stimulus peningkatan sumber daya peneliti perguruan tinggi ini adalah membantu menyediakan dana bagi perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pelatihan dan memberikan informasi tentang kebijakan di bidang penelitian yang telah dikembangkan oleh Dit. Litabmas Ditjen Dikti, Membekali para dosen di perguruan tinggi dengan pengetahuan dan keterampilan metodologi penelitian khususnya yang terkait dengan teknik penyiapan proposal penelitian, mendorong dosen PTN/PTS kelompok binaan menyusun proposal penelitian untuk diajukan sebagai usul penelitian pada setiap tahunnya, mendorong perguruan tinggi untuk dapat mengagendakan pelaksanaan penelitian di perguruan tingginya masing-masing, serta membangun jaringan kerja sama dan informasi bidang penelitian antar-perguruan tinggi”. Dr Wariyah menambahkan, Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan bantuan stimulus ini adalah  tersebarnya informasi tentang kebijakan di bidang penelitian yang telah dikembangkan oleh Dit. Litabmas, meningkatnya pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dosen PTN/PTS kelompok binaan pada wilayah terpilih dalam menyiapkan proposal penelitian, serta tumbuh dan berkembangnya atmosfer budaya meneliti di perguruan tinggi setiap peserta.

 

Awan Santosa, SE MSc sekretaris LPPM Universitas Mercu Buana menambahkan, terselenggaranya pelatihan ini dalam rangka kerjasama antara LPPM Universitas Mercu Buana dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dalam program perolehan hibah stimulus 2013, sebesar Rp 35 juta. Pelatihan dilaksanakan tanggal 10-11 September 2013 bertempat di ruang sidang rektorat Lt II Jl Wates Km 10 Yogyakarta. Tampak hadir dalam pelatihan tersebut dosen-dosen S2 dari berbagai perguruan tinggi Yogyakarta. (G Sun ArdHie)

 

 

 

VISI MISI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

VISI “Menjadi Universitas Unggul, Mutu, dan Bermanfaat bertaraf Internasional pada tahun 2029” MISI Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam

Life as a Distance Learning Student

Effective Time Management Traditionally, most people find the norm in education to involve lectures in physical classrooms.  Tutor-student interaction is perceived as being only physical.