P3MK UMBY Selenggarakan Pelatihan SINTA bagi para dosen

Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama (P3MK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah menyelenggarakan Pelatihan Science and Technology Index (SINTA) bagi para dosen pada hari Kamis, 3 Agustus 2023. Acara tersebut diadakan dalam format hybrid dengan tujuan meningkatkan kesadaran para dosen akan pentingnya SINTA untuk meningkatkan kualitas dan klasterisasi UMBY.

Dr. Agus Slamet, pada hari Jumat, 4 Agustus 2023, menyatakan apresiasi atas peningkatan signifikan yang telah dicapai oleh UMBY. Dia mengumumkan rencana untuk menambahkan skor SINTA sebagai bagian dari Key Performance Indicator (KPI) agar dosen termotivasi untuk terus meningkatkan kualifikasi SINTA. Diharapkan bahwa peningkatan kinerja dosen, program studi, dan institusi secara keseluruhan akan membawa kemajuan bagi UMBY.

Setyo Utomo, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa publikasi di SINTA adalah salah satu indikator penentuan klusterisasi perguruan tinggi. UMBY saat ini berada di klaster Pratama dan telah berhasil meningkatkan skor SINTA dengan signifikan dalam upaya mengejar ketertinggalan dalam kurun waktu 3 tahun.

Dia mendorong kerjasama yang kuat untuk bersama-sama meningkatkan klasterisasi. UMBY saat ini berada di posisi 8 dari 105 perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dan berperingkat 200 dari 2.157 perguruan tinggi nasional yang dinilai untuk penentuan klasterisasinya.

Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 mengalami beberapa perubahan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan 2.157 perguruan tinggi yang masuk dalam klasterisasi perguruan tinggi, terbagi menjadi 5 klaster: Mandiri, Utama, Madya, Pratama, dan Binaan (Pra-kualifikasi).

Proses penilaian klasterisasi perguruan tinggi tahun ini berdasarkan kinerja perguruan tinggi dan telah diverifikasi. Beberapa data yang menjadi dasar penentuan klasterisasi mencakup penulis, afiliasi, jurnal, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kekayaan intelektual, dan buku. Chamidin S.Sos, pemateri pelatihan, menambahkan bahwa terdapat beberapa indikator dalam skor afiliasi perguruan tinggi, seperti kelembagaan, kekayaan intelektual, penelitian, pengabdian, publikasi, SDM, dan pendapatan.

SINTA menjadi syarat penting dalam proses klasterisasi dan berpengaruh pada dosen yang ingin mengajukan hibah, baik dalam skema kompetitif nasional maupun lainnya. Untuk meningkatkan skor SINTA, UMBY mendorong dosen untuk melakukan pemutakhiran data SINTA secara berkala.