Bersama Warga Sumber, Mahasiswa Peternakan UMB Yogya Bikin Silase

Magelang (01/10), Mengantisipasi kekurangan pakan ternak di daerah Sumber Kecamatan Dukun Magelang, Tim Ipteks bagi Wilayah Universitas Mercu Buana Yogyakarta kerjasama dengan UMM Magelang dan Pemkab Magelang yang diketuai Ir Nur Rasminati MP mengadakan pelatihan pembuatan silase dan pembuatan pupuk organik. Pelatihan dihadiri 35 orang anggota kelompok ternak Sumber Rejeki dusun Diwak. Sebelum praktek pembuatan silase, terlebih dahulu diselenggarakan motivasi yang disampaikan oleh Ir Setyo Utomo MP, dan temu wicara pembuatan pupuk organik oleh Ir Wafit Dinarto M.Si.

Menurut Nur Rasminati mengatakan, “Musim kemarau 2012 ini yang telah berjalan 4 bulan lebih mengakibatkan katersediaan hijauan pakan ternak di lereng Merapi semakin menipis, maka dalam rangka pemenuhan konsumsi ternak dilakukan pelatihan pembuatan silase, tujuan pembuatan silase ini untuk mengawetkan pakan ternak dengan sistem fermentasi dibawah kondisi anaerob. Pemberian pakan model silase pada ternak perlu kesabaran, sebab ternak dengan kebiasaan makan hijauan rumput segar membutuhkan pengenalan dan penyesuaian lebih dulu” katanya.

Di tempat berbeda Tim IbW Kecamatan Dukun yang dimotori Rina Dwiarti SE M.Si juga mengadakan pelatihan pengolahan cabai bersama kelompok PKK di dusun Tontro. Dalam kesempatan tersebut Rina Dwiarti mengatakan, “Tujuan pelatihan ini adalah mengolah cabai dengan berbagai variasi produk untuk meningkatkan penghasilan bagi kelompok PKK” kilahnya.(*G-SunArdie).

VISI MISI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

VISI “Menjadi Universitas Unggul, Mutu, dan Bermanfaat bertaraf Internasional pada tahun 2029” MISI Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam

Life as a Distance Learning Student

Effective Time Management Traditionally, most people find the norm in education to involve lectures in physical classrooms.  Tutor-student interaction is perceived as being only physical.