30 Agustus 2021, oleh: https://lldikti5.kemdikbud.go.id/

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh mahasiswa UMBY semester enam (6) maupun semester tujuh (7), sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN tematik ini diprakarsai oleh Zaenal Wafa, S.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing. Peserta KKN PPM Tematik ini terdiri dari berbagai jurusan dan akan dilaksanakan dari 23 Juli – 27 Agustus 2021. Pelaksanaan kegiatan KKN-PPM di hari Sabtu dan Minggu.

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang tergabung dalam KKN Tematik kelompok 104 melaksanakan kegiatan KKN-PPM di Pasar Condong Catur yang berlokasi di Jl. Ring Road Utara No. 414, Ngringin, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Memasuki Industri 4.0 mulai banyak bermunculan startup bidang teknologi informasi untuk menunjang aktivitas dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang ekonomi, sosial, sampai bidang pendidikan. Salah satu startup yang tengah dirintis saat ini adalah aplikasi sepasar dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Startup ini mengembangkan sebuah aplikasi yang dinamai dengan Sepasar.id yang berbasis web dan aplikasi android. Sehingga para mahasiswa KKN-PPM UMBY kelompok 104 membuat program kerja tentang penyuluhan dan pengenalan sepasar terhadap para pedagang.

Sepasar adalah sebuah aplikasi yang di manfaatkan guna mendukung proses pembelajaran (edukasi) di Pasar terutama bagi pedagang pasar tradisional. Pada awal pengembangan ini sepasar diimplementasikan di Pasar Sambilegi, Maguharjo, Sleman, DIY tahun 2020.

Alur registrasi sepasar untuk relawan bisa langsung registrasi sebagai relawan pada laman Sepasar.id dengan mengisikan form registrasi berupa pengisian data diri dan akun untuk login ke aplikasi sepasar. Dan untuk pedagang registrasi bisa dibantu oleh para relawan. Nantinya relawan akan menanyakan data yang diperlukan untuk mengisi form registrasi untuk pedagang, secara umum data yang diminta sama yaitu data diri dari pedagang tersebut. Setelah melakukan registrasi harus menunggu validasi dan aktivasi dari tim sepasar terlebih dahulu, untuk waktu aktivasi dan validasi harus menunggu 1×24 jam. Setelah itu aplikasi baru bisa digunakan.

Dalam aplikasi sepasar terdapat banyak materi pembelajaran multidisiplin dalam bentuk video, mencakup seluruh aspek mulai dari sosial, budaya digital marketing, sampai dengan pengembangan usaha. Relawan maupun pedagang dapat mengakses video pembelajaran tersebut kapanpun dimanapun selama masih bisa tehubung ke internet. Dengan tampilan yang menarik, mudah untuk dipelajari tidak membosankan membuat minat para pedagang pasar menjadi lebih semangat untuk belajar.

Pada tanggal 21 Agustus 2021 Team KKN-PPM UMBY 104 melaksanakan program kerja penyuluhan dan pengenalan sepasar kepada para pedagang. Dimana team KKN-PPM UMBY 104 yang menjadi relawan untuk mendaftarkan dan membantu para pedagang agar bisa mengakses aplikasi sepasar tersebut. Para relawan Team 104 mendatangi para pedagang untuk melakukan penyuluhan dan memperkenalkan aplikasi tersebut ke para para pedagang. Banyak diantara para pedagang yang antusias untuk mendaftar aplikasi sepasar tersebut. Di era pandemi Covid-19 ini sangat berdampak bagi para pedagang, mereka menceritakan kesulitan dalam memperjualbelikan dagangannya, sehingga dengan adanya aplikasi sepasar mereka sangat terbantu dalam berdagang, lebih ada gambaran akan kedepannya, dan bisa belajar tentang coping stress, dll.

Kendala saat melakukan penyuluhan dan pengenalan aplikasi sepasar ke para pedagang adalah beberapa pedagang tidak membawa smartphonenya, menyebabkan data registrasi tidak bisa di isi lengkap karena rata-rata pedagang tidak hafal dengan nomornya dan tidak mempunyai email. Selain itu lokasi yang tidak mendukung, seperti koneksi internet yang susah juga menjadi penyebab kurangnya minat pedagang untuk mendaftar aplikasi tersebut.

Kegiatan KKN-PPM UMBY ini terutama dalam pengerjaan proker penyuluhan dan pengenalan aplikasi sepasar ke para pedagang di harapkan dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang muncul, serta memudahkan para pedagang dalam berdagang dan dari team KKN-PPM UMBY 104 juga disamping memberikan masker kesemua para pedagang team KKN UMBY 104 juga memberikan sedikit reward untuk para pedagang yang mendaftar aplikasi sepasar diantaranya berisi hand sanitizer, masker dan brosur. Hal ini diharapkan agar para pedagang lebih semangat dalam belajar dan dapat tetap menjaga kebersihan apalagi di masa pandemi Covid-19.

Categories:

Tags:

Comments are closed

Hubungi Kami
Telp    : (0274) 6498212 ext 133
Fax     :(0274) 6498213
Email : lppm@mercubuana-yogya.ac.id
Kampus I UMBY
Jl Wates Km10 Yogyakarta